Monday, May 9, 2011

ME and MY DREAM

Dulu, waktu kecil, sering di tanya mau jadi apa, anak-anak kecil pasti bilangnya, Presiden, Dokter, Astronot, pokoknya yang keren-keren deh. Nah g? sampe SD kelas-6 g jawabnya, “Gak tau mau jadi apa” begitu masuk SMP, jawaban g, “PETANI” What? Hari gini jadi petani?

Emak bapak g kyknya kaget juga kali ya denger jawaban anaknya mau jadi petani. Kesannya, profesi petani itu rendah. Tapi menurut g enggak. Nah sejak itulah, g tiap bulan selalu beli majalah TRUBUS. Gaya doang? Gak. G belajar banyak tentang tanamanan. Lama kelamaan, g makin serius sedikit. Sering kepo beli tanaman, yang akhirnya gk di urus jg. Hahah,, masa remaja maen ke mall, g maen di taman, mending kalau sambil baca buku ato ngapaen gitu, g ngorek-ngorek tanaman, motong dahan gitu2..

Kalau ada yang nanya, “Kenapa sih Cai mau jadi petani?” Bingung jawabnya, yang pasti, karena g suka tanaman. “Petani kan duitnya sedikit” Nah ini nih yang membuat petani kesannya rendahan, FINANSIAL. Emang harus g akui, duitnya petani itu gak sebanyak pegawai kantoran, tapi tiap kali panen, duitnya banyak dan kalau dia bisa nyimpen kan lumayan, apalagi petani yang udah punya sawah ber-hektar2, coba deh kalau kita beli tanah segede itu harganya brapa duit??

Menurut g, kerjaan petani itu mulia loh. Tanpa petani, kt gak akan bisa makan nasi. Tanpa petani, gak ada tuh terasering. Tapi kadang kita merendahkan petani. Kasian ya.

Lanjut, harapan g jadi petani akhirnya pupus juga pas SMA. Padahal waktu itu g udah mau cari-cari kampus yang ada jurusan pertaniannya. Ehh, pas pembagian IPS atau IPA, nilai keren g keluar. Fisika, Kimia, Biologi sih boleh tinggi. Matematika? Oke. Kurang 5 POIN ! Mungkin boleh sih masuk IPA. Tapi pertimbangan g saat itu, masuk IPA sih oke, tapi kan dalam 2 tahun lu ketemu Matematika dan pasti lebih susah dong, gmn kalau sampe gak naik kelas coba? Akhirnya g masuk IPS dan tetep aja, matematika g jeblok. Geblek. Akhirnya harapan dan cita-cita g yang udah g pertahanin selama hampir 4 tahun, pupus cuma gara-gara angka.

Abis itu, g gk punya cita-cita lagi. Kuliah mau ambil apa aja bingung. Ke Cina? Beh, si papa gak kasih padahal g uda pengen banget. Ngelamar beberapa jurusan yang sama sekali gak g pikirin.. goblok juga. Sampe temen-temen udah tau mau masuk jurusan apa, g bingung. Yang laen udah beli formulir dan apply ke beberapa Universitas, g belom. Tiba-tiba si mama ajak g ke beberapa kampus. Bin*s : pilihannya, Sastra mandarin atau DKV (Desain Komunikasi Visual), UP* : DKV. Bhs Inggris dan Musik. Begitu liat Bin*s, g lgsg ilfil. Gimana gk, lingkungannya itu loh, keluar-keluar udah jalan sempit super rame dan banyak yang jualan. Beh, stress kali g kalau disana, UP*? Terlalu highclass bwt seorang g. Lagian keterimanya musik. Musik yang menurut g, les aja cukup lah.

Tiba-tiba suatu hari si mama blg, ada kampus baru. UMN. Kampus g sekarang. Jurusannya? DKV. Mama ampe bingung, kok bisa-bisanya g masuk DKV. Jelas-jelas dari kecil bakat gambar g gk keliatan. Dari dlu g menonjol di olahraga, musik dan maen-maen. Sempet sih ada tes minat bakat gitu di sekolah. Ada bagian saran dan jurusan yang g ambil sesuai kemampuan. Tebak dong paling atas apa? TEKNIK KIMIA. TEKNIK? Jauh-jauh. G anak IPS. Pilihan keduanya juga Olahraga dan Musik kalau gak salah. Tapi karena saking bingungnya, ya udah deh. Nekat masuk DKV. Dunia asing.

Begitu g liat jurusan cabang DKV di kampus, ada Animasi, Desain Grafis dan Sinematografi. Wuah, langsung deh, g menemukan cita-cita g yang ke-2 dan masih g pegang sampe sekarang. G mau jadi Director of Photography. Kebetulan g suka foto2 dan yang pastinya punya talent lah. Sejak semester 1, g uda yakin banget tuh g masuk cinema dan jadi DoP. Sekarang udah 1 taun berkecimpung di dunia cinema, g terus menerus memperdalam ilmu teknik pengambilan gambar. Dan g enjoy. WALAUPUN tugas di dunia cinema itu ampun-ampunan. Entah g akan menjadi apa dimasa depan, kadang ada lah sesuatu yang bisa membuat g ‘belok’ bukan jadi DoP.

G jadi inget prinsip g, My dream isn’t fully mine. Maksudnya, kadang kan kita mau jadi apa, di tentuin sama yang mahakuasa di atas. Rancanganmu, bukan rancangan-Nya, manusia boleh berencana, tapi rencana Tuhan lah yang jalan. Amin.

No comments:

Post a Comment